Cara Blok Website Youtube Di Mikrotik

Haloooo Guys selamat siang semua, kali ini gue bakal ngeshare bagaimana caranya ngeblock website youtube di mikrotik, ga cuma youtube aja sih sebenernya tapi bisa website lain juga kaya kaskus dan facebook. langsung aja deh kalo begitu. 

Bahan-bahan yang disiapkan :
  1. Internet
  2. RouterBoard 951ui-2nd
  3. Winbox 

Oke setelah bahan-bahannya sudah ada barulah kita buka aplikasi winbox. Masuk Kebagian Connect to masukkan IP Address atau Mac Address, Username, dan passwordnya. seperti gambar berikut.


Setelah Masuk pilih interface mana yang ingin diblock, misalkan disini ingin block ip client yang ada di lantai 1 dan 2.



Kemudian setelah menentukan mana ingin diblock barulah masuk bagian ngeblock youtubenya. Nah disini kalo untuk block youtubenya ada bagian firewall. Masuk menu IP ---> Firewall ---> Layer 7 Protocols Kemudian Klik Tambah.



Sampai disini belom selesai cuy, setelah diklik tambahnya baru masukin regex atau confignya. Isi Namanya misalkan YT atau Youtube dan masukkan regexnya kaya gini ^.+(youtube).*$.




Contoh diatas ane nambahin sedikit, biar orang kalo buka youtube ga keseringan. hehehe 

Boleh juga ditambahin kaya gitu, tapi sebenernya cuma sampe tanda $ (dollar) aja, kalo mau nambahin tinggal tambahin | atau grep, kemudian isi web yang diinginkan. Kalo udah, sekarang kita tambahin deh mau lewat interface atau ip address seperti gambar dibawah ini.

Masuk ke IP ---> Firewall ---> Filter Rules


Dibagian In. Interface masukkan interface mana yang ingin di block misal ether2-LAN-Atas.


Kemudian masuk ke tab menu advanced, pilih Layer 7 Protocol dan cari config regex yang kita buat tadi.


Setelah itu masuk tab menu action, nah disini action atau aksi yang kita lakuin yaitu mendrop packet request youtube dari si client yang connect.



Taraaaaaaaa.... Nah itu adalah hasil dari block youtubenya. disini ane batasin penggunanya misal di jam 13-16 ane block jadi gabisa buka youtube. :D

Demikian tutorial yang sangat singkat ini, semoga dapat bermanfaat untuk semuanya. kalo ada yang bingung bisa tanya dikolom komentar ya. have a nice day 


Komentar

Postingan Populer