Artificial Intelligence (AI)





Definisi AI

Kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. kecerdasan dicipatakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Tujuan dari AI adalah untuk memecahkan persoalan dunia nyata (bersifat praktis ) dan memahami intelijensia (bersifat memahami).

Dua Bagian utama Kecerdasan Buatan (AI)

Basis pengetahuan ( Knowledge Base ) : Basis pengetahuan berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan yang lainnya.
Motor Inferensi ( Inference Engine ) : Motor Inferensi merupakan kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman atau dapat juga disebut dengan penalaran.



Aplikasi AI Berbasis Kesehatan

Nike + Running
Sudah tidak diragukan lagi bahwa perusahaan Nike merupakan sebuah brand terkenal sebagai pemasok sepatu, atribut dan perlengkapan khususnya dibidang olahraga. Selain mengembangkan kualitas produk-produk olahraganya, Nike juga berusaha mengembangkan sebuah aplikasi yang mendukung pengguna produknya untuk mendapatkan pengalaman lebih dalam melakukan aktivitas olahraga. Salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Nike adalah Nike+ Running.

Sejarah Nike+ Running

Nike+ merupakan aplikasi yang digunakan untuk menunjang aktivitas berlari dari seseorang. Informasi yang diberikan Nike+ meliputi jarak dan waktu tempuh berlari, menghitung detak jantung, merekam rute berlari dan juga banyak fitur-fitur lainnya yang membuat aktivitas berlari menjadi lebih menantang dari biasanya. Nike+ sendiri awalnya muncul bersama Apple dengan Nike+ iPod yang menggunakan aksesoris tambahan yaitu Nike+ Sport Kit yang terdiri dari sensor Nike+ yang dipasangkan pada sepatu produksi Nike yang mendukung Nike+ dan receiver Nike+ yang dipasangkan pada iPod nano untuk menerima informasi dari sensor. Perkembangan perangkat yang gencar dilakukan Apple juga membuat Nike+ semakin berkembang. Munculnya produk iPod Touch membuat Nike merilis versi baru dari Nike+ yaitu Nike+ Running yang saat ini bisa dinikmati oleh pengguna iPhone (minimal iOS 4.0) dan Android.

Nike+ Running yang sebelumnya bernama Nike+ GPS ini memanfaatkan teknologi GPS dan akselerometer. GPS disini berfungsi untuk mencatat seberapa jauh jarak seseorang melakukan aktivitas lari. Sedangkan Akselerometer adalah sensor yang digunakan sebagai pedometer atau alat pengukur langkah. Nike+ Running sendiri menyediakan informasi berupa jarak tempuh berlari, kalori yang terbakar saat berlari, tampilan grafik yang menyajikan waktu tempuh dan kecepatan rata-rata dalam beberapa aktivitas lari terakhir serta informasi mengenai cuaca, kondisi tubuh dan lokasi dari pengguna. Apabila pengguna memiliki sepatu khusus, maka aplikasi Nike+ Running juga bisa menampilkan jenis sepatu dan seberapa jauh jarak yang ditempuh dengan menggunakan sepatu tersebut.

Ulasan Tentang Nike+ Running

Nah, sampailah dimana kita membahas tentang ulasan mengenai bagaimana cara menggunakan nike+ running ini, mungkin dari sebagian kalian apa sih nike+ running tersebut? pasti makin penasaran ya? Jadi, Nike Running adalah sebuah aplikasi dari produsen perlengkapan olahraga Nike yang dibuat khusus untuk kita yang mempunyai hobi olahraga lari atau menekuninya sebagai sebuah profesi. jadi intinya kita lari menggunakan smartphone kita kemudian dicatet oleh si aplikasi nike+ running ini, begitu. Terus bagaimana cara menggunakannya? 

 Pertama-tama kita harus login dahulu untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut, bisa menggunakannya dengan login alamat gmail anda.



Disini merupakan menu navigasi yang terdiri dari beberapa menu seperti aktifitas, teman, challanges, dan juga coach.

Nah, disini yang paling saya sukai dari aplikasi tersebut sebab ada fitur menu music, selanjutnya kita akan melakukannya dimana, bisa didalam ataupun diluar ruangan tergantung pilihan kita dan aplikasi ini mendukung rotasi handphone agar kita lebih mudah melihatnya ketika kita berlari. ada juga selain basic run, yaitu Distance digunakan untuk menempuh jarang lari yang ditentukan oleh kita, kemudian Time Run hampir sama seperti stopwatch.




Pada halaman ini menunjukkan statistik umum lari kita, berapa lama kita berlari kemudian berapa jumlah lari yang digunakan.


Pada detail aktivitas, selain bisa melihat grafik pace (waktu tempuh) dan membuat catatan terkait aktivitas tersebut (cuaca, lokasi, kondisi tubuh), juga bisa mencatatkan sepatu yang kamu gunakan. Sehingga, kamu bisa mengukur jarak yang sudah ditempuh oleh sepatu kamu.

Kesimpulan

Aplikasi ini sangatlah bermanfaat untuk kalangan orang tua dan remaja, untuk saya sangat bermanfaat sekali untuk mengukur bagaimana saya berlari dan berapa rata-rata jarak tempuh yang saya lewati. untuk itu berlari lebih menyenangkan dengan aplikasi dari nike. untuk mendownload aplikasi tersebut bisa dilihat dibawah ini.

DOWNLOAD Apk Nike+ Running

 Download Nike+ Running


Sumber: http://www.nike.com/id/en_gb/c/running/nikeplus/gps-app


Aplikasi AI Berbasis Pendidikan 


Pada pembahasan kali ini saya akan membahas Marbel Belajar Membaca merupakan aplikasi pendidikan untuk anak usia 6-8 tahun. Aplikasi ini mengenalkan huruf abjad, membedakan antara huruf konsonan dan vokal, serta mengajarkan cara mengeja. Mereka bisa belajar cara mengeja dua suku kata hingga satu kata. Kata yang digunakan dalam aplikasi ini merupakan kata-kata umum sehingga mudah dipahami pleh anak.

Fitur-fitur
------------
- Belajar Setiap Huruf
- Belajar Huruf Konsonan
- Belajar Huruf Vokal
- Belajar Satu Suku Kata
- Belajar Huruf Vokal & Suku Kata
- Belajar Suku Kata & Huruf Vokal
- Belajar Dua Suku Kata
- Belajar Tiga Suku Kata

Menu Bermain
------------------
- Menebak jumlah suku kata
- Memisahkan suku kata
- Tebak suku kata
- Ketangkasan

Ulasan Tentang Marbel Belajar Membaca



Akhirnya kita sampai pada pembahasan tentang aplikasi marbel belajar membaca, pada bagian pertama ini sedikit akan membahas tentang fitur jumlah suku kata, disini kita ditampilkan sebuah kata yang memiliki suku kata vocal, mungkin ada yang tidak tahu huruf vokal itu apa ? Huruf Vokal atau biasa disebut huruf hidup ada 5 (lima) huruf terdiri dari huruf A, I, U, E dan huruf O nah sekarang udah tau kan huruf vokal itu apa. kemudian ada waktu untuk menjawab setiap pertanyaan dan memiliki skor setiap jawaban itu benar.


Nah, selanjutnya disini banyak sekali menu yang akan ditampilkan, ada menu Per Huruf, Huruf Vokal, Huruf Konsonan, 1 suku kata dll.



Kesimpulan 

Menurut pendapat saya untuk para orang tua , aplikasi ini dapat bermanfaat untuk semua anak kecil yang baru ingin belajar membaca, selain dari segi grafik juga menarik untuk dilihat, dan juga ada suaranya yang sangat imut.


Aplikasi AI berbasis Logic


Kalau beberapa dari kamu sudah hidup dari era 80-90 maka seharusnya kamu pernah memainkan game yang bernama Sokoban. Game simple namun sangat membutuhkan kemampuan otak ini akan menguji kemampuan kamu dalam menempatkan semua kotak pada tempatnya.

Nah jika kamu ingin bernostalgia dengan game Sokoban maka ada sebuah game bernama SokoBan Garden yang dapat kamu download secara gratis lewat Google Play. Yang istimewa dari game ini adalah sudut pandang yang digunakan, biasanya pada game sokoban kamu akan melihat puzzlenya lewat atas namun di SokoBan Garden kamu akan melihat secara 3D. Namun kamu juga dapat merubah sudut pandang lewat tombol yang disediakan. 


Pada gambar diatas game sokoban garden memiliki beberapa tingkatan, ada 2 box sampai dengan 5 box bahkan ada bonus yang bernama Grandpa Table tapi sayangnya saya belom sampai kesitu. mungkin dilain waktu bisa sampai kesana. dari segi hal grafik cukup bagus dan ada alunan gitar klasik sebagai backsound dari game sokoban tersebut.

Kesimpulan

Melalui game logika ini, kita bisa tahu seberapa lama dan telitinya dalam menyelesaikan permainan tersebut. melalui level demi level akan membuat kita sadar bahwa tingkat kesulitannya akan bertambah dan mengasa otak kita terus. keputusan akhir dari game tersebut adalah supaya agar balok-balok yang tadinya posisinya berada diluar tanda silang atau x bisa berada diposisi tanda silang tersebut.


Aplikasi AI Berbasis Edukasi


Hasil Review Atau Ulasan Tentang Aplikasi Tes Kesabaran :

Tes Kesabaran adalah tes yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesabaran yang Anda rasakan.Soal tes terdiri atas 15 soal pilihan ganda. wah sepertinya seru ya kita bisa mengetahui bagaimana tingkat kesabaran kita, terlebih lagi kita juga tahu bahwa sabar itu juga disayang allah swt. hehehe

Selanjutnya adalah ulasan bagaimana aplikasi ini digunakan, sebagai berikut:



Gambar diatas merupakan tampilan awal, ketika masuk dalam aplikasinya tersebut.


Selanjutnya akan diberikan pertanyaan mengenai apa saja, untuk mengetes tingkat kesabaran kita. Jadi ketika kita menjawab pertanyaan yang kita jawab, jawablah dengan jujur agar tahu bagaimana hasil tingkat kesabaran kita jangan jawab asal-asalan.


Terakhir, pada gambar diatas adalah hasil yang dibuat setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan. wiiih hasilnya 100% itu cuma percobaan aja ko, nah disitu tuh ada penjelasan mengenai tingkatannya disini saya ambil contoh sangat sabar, dibawahnya akan dijelaskan mengenai orang yang sangat sabar tersebut.

Kesimpulan

Aplikasi ini memiliki tingkat keputusan yang jelas, sebab kita menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan aplikasi tersebut yang berujung dalam sebuah keputusan atau hasil yang diterima.

Link Download



Aplikasi AI Berbasis Transportasi


SYGIC

Aplikasi navigasi yang memiliki antarmuka yang cantik, sehingga memudahkan kita sebagai pengguna dalam mengoperasikannya. Sygic merupakan aplikasi navigator yang memiliki banyak kelebihan dibanding aplikasi navigasi yang lain. Kelebihan yang pertama, yaitu seperti yang telah dituliskan di atas tadi yaitu pada tampilan antarmuka yang mudah dipahami, kemudian tampilan peta serta POI yang lumayan lengkap, penggunaan memori RAM yang kecil, dapat menampilkan peta dalam 3D, dapat dibuka secara offline tanpa koneksi dengan internet dan menurut saya ini aplikasi navigasi yang paling responsif. Dengan segala kelebihannya tersebut menurut saya, aplikasi navigasi ini sangat cocok untuk dicoba. 

Nah kerennya aplikasi GPS Sygic ini mempunyai dukungan database jalan, lokasi, venue di Indonesia yang bisa dikatakan lumayan. Dan luar biasanya lagi di Sygic ini kamu bisa melihat penampakan bangunan-bangunan yang ada secara 3D. Keren banget kan apalagi bisa tahu bentuk monas kaya gimana hampir mirip. hehe 

Namun dengan database jalan dan venue yang lumayan komplit ditambah dengan adanya penampakan bangunan 3D maka jangan heran kalau kamu mesti mendownload database tambahan yang lumayan gede ketika proses instalasi di Android kamu. misalnya kita ingin mendownload map di benua asia seperti indonesia jadi kita harus mendownloadnya terlebih dahulu supaya bisa kelihatan. Sayangnya aplikasi ini bersifat trial dimana kamu hanya bisa menikmati semua fiturnya selama 7 hari saja. Dan untuk dapat menggunakan versi fullnya kamu mesti membeli paket pro yang disediakan di website Sygic dengan harga yang bermacam-macam sesuai dengan peta di negara yang kamu inginkan.






Link Download Sygic

Atau

Sumber : http://www.sygic.com/gps-navigation/features

Komentar

  1. Sangat bermanfaat infonya, untuk pembelajaran saya. terimakasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer