Digital Culture

DIGITAL CULTURE 


Digital Culture itu adalah sesuatu yang berbeda. Konsep yang telah disesuaikan dengan sektor lainnya, dan memasukkan perspektif yang berbeda mengenai dampak teknologi digital dan jaringan dalam masyarakat. Seharusnya dan idealnya hal semacam ini dibuat oleh Departemen Kebudayaan untuk mengadakan refleksi bersama yang luas mengenai perspektif budaya digital Indonesia, dengan mendorong partisipasi dari semua pemangku kepentingan dalam proses inovatif -konstruksi kolaboratif – kebijakan publik ke, oleh dan menuju ranah digital. Semakin murahnya perangkat komputer dan telepon seluler pribadi, dikombinasikan dengan pesatnya perkembangan aplikasi yang menggunakan perangkat lunak bebas (open source) dan layanan gratis di jaringan, telah mempromosikan demokratisasi radikal akses ke sarana baru produksi dan akses ke pengetahuan.

Pada akhir-akhir ini, berbagai perkembangan yang terjadi memang cukup menakjubkan, khususnya dalam bidang teknologi terutama dalam hal informasi dan komunikasi. Teknologi informasi yang tadinya dikenal dengan teknologi komputer, beserta perangkat elektronika lainnya, menjelma menjadi satu dalam perpaduan kemampuan. Semula dengan ditemukannya berbagai perangkat sederhana, mulai dari telepon, yang berbasis analog, maju dan berkembang terus hingga muncul berbagai perangkat elektronika lainnya. Hingga akhirnya teknologi ini terintegrasi satu dengan lainnya. Di sisi lain, akibat perkembangan dari kemampuan teknologi, terjadi juga perubahan yang cukup dramatis di sisi perjalanan dan operasi bisnis, yang menghasilkan pelayanan-pelayanan baru, termasuk dalam hal pemanfaatan jaringan dunia tanpa batas.

Perkembangan dunia digital sudah mancapai semua aspek dari segi bisnis, ekonomi, hiburan, transportasi, dll. Karena dengan digital dapat lebih efisien dan lebih akurat dalam proses pengerjaannya dibandingkan dengan kinerja manusia yang memiliki rasa lelah. Hal ini lah yang sudah dipakai di seluruh Negara didunia baik Negara maju maupun Negara berkembang, di dunia ekonomi seluruh pembisnis sudah dapat melakukan transaksi online diman transaksi tersebut dimana transaksi tersebut lebih bermanfaat karena kita dapat melakukan dimana saja dan dalam keadaan apa saja. Kita dapat menggunakan laptop, telepom genggam atau apa saja yang terkoneksi dengan internet unutk melakukan transaksi online.

Tidak hanya didunia komunikasi, sarana umum juga sekarang sudah menggunakan digital yang dapat lebih efisien dan lebih teratur. Contohnya adalah lampu lau lintas. Itu merupakan salah satu alat digital yang sudah ada diseluruh tempat untuk mengatur arus lalu lintas sehingga tugas polisi dapat menjadi lebih ringan dengan ada nya lampu lalu lintas tersebut.
Sisi negative dari perkembanagan dunia digital adalah penyalah gunaan perkembangan tekhnologi. banyak yang memanfaatkan perkembangan tekhnologi untuk melakukan hal yang jahat seperti pencurian, perampokan, penipuan dan untuk aksi pendukung teroris. Dari segi pencurian sudah banyak hacker yang menggunakan perkembangan tekhnologi unutk mengambil uang dari rekening orang lain yang tidak dia kenal. Dan ada pun dari segi penipuan sudah banyak orang yang menipu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang menggunakan telepon genggam, dll. Dan sudah banyak yang menjadi korban.

Pengaruh Perkembanagan Dunia Digital Terhadap anak Pra Sekolah

Usia prasekolah merupakan suatu fase perkembangan fisik dan mental manusia yang sangat unik dan sarat dengan peristiwa belajar yang cukup menentukan bagi perkembangan pada fase selanjutnya. Pada fase ini, seorang anak akan terus melakukan proses “merekam” peristiwa-peristiwa belajar yang dianggap menarik dan menyenangkan. Pada fase ini muncul pula pengidolaan pada bentuk-bentuk atau pengalaman yang dianggap baik dan dijadikan sumber inspirasi dalam, sebagai bentuk aktivitas ekspresi. Sumber inspirasi tersebut dapat berasal berbagai media, salah satunya digital game.
Hingga saat ini masih terdapat mengenai dampak digital game terhadap perkembangan kejiwaan anak, sehingga penggunaan digital game sebagai media pembelajaran formal masih dipertentangkan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, secara ilmiah, penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh digital game terhadap eskpresi gambar anak usia prasekolah. Dengan pendekatan ini, dilakukan pengukuran secara kualitatif mengenai komponen-komponen pengalaman bermain digital game yang digunakan kembali oleh anak sebagai sumber imajinasi berkreasi dalam bentuk gambar eskpresi. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan lima orang anak usia prasekolah dengan sebelas buah gambar ekspresi yang mereka buat sebagai sampel, dilakukan analisa terhadap obyek-obyek visual, bahasa rupa dan ikonisitas yang muncul dalam gambar-gambar tersebut. Secara ringkas, penelitian menghasilkanbeberapa temuan berikut:
Game digital merupakan salah satu media interaktif yang digunakan anak sebagai sarana belajar dan bermain.
Dalam usia pra-sekolah, aktivitas belajar dapat dimodifikasi sedemikian rupa dengan menggunakan sarana-sarana belajar anak yang mendorong kreativitas dan merangsang komunikasi verbal dan non-verbal secara menyenangkan, salah satunya melalui media gambar.
Secara ilmiah, terbukti bahwa terdapat pengaruh yang cukup erat antara kebiasaan bermain digital game dengan daya imajinasi anak terhadap penggambaran suatu tokoh atau peristiwa.

Dampak dan Masalah Yang Timbul akibat Perkembangan Digital yang Cepat

Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak hanya membawa dampak yang signifikan dalam perkembangan dan kemudahan dalam kehidupan kita, namun juga memudahkan kita dalam aktivitas kita dalam kehidupan sosial. Contohnya teknologi dalam hal ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memudahkan kita dalam berinteraksi jauh, lintas kota, pulau bahkan lintas negara dan benua sekalipun. Dengan adanya fitur dalam TIK (yaitu: internet) yang dewasa ini sering disebut social networking atau jejaring sosial, kita dengan mudahnya berinteraksi dengan kolega, teman lama, teman kerja, pacar bahkan orang yang baru anda kenal sekalipun.
Berikut ini dijabarkan berbagai dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan aktivitas sosial :
a) Perubahan pola pikir pria dan wanita.
b) Meningkatnya rasa percaya diri masyarakat.
c) Tekanan dan Kompetisi yang meningkat.
d) Kemudahan dalam aspek sosial dan bermasyarakat.

Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Sementara jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Digital Culture yang akan saya jelaskan disini tentang teknologi internet dan media internet yang sering kita gunakan setiap harinya dan sudah menjadi kebutuhan penting bagi kehidupan kita semua. 


Media Modern / New Media adalah media yang sedang berkembang saat ini dalam konteks teknologi,informasi maupun komunikasi. Media Modern menjadi Payung Kehidupan yang menghubungkan Manusia dengan Manusia, dan Manusia dengan Teknologi pada abad ini.

Contoh Media Modern / New Media :
1. Internet
2. Mobile Phone
3. Sosial Network
4. Web
5. Dsb

Old Media / Media adalah Media yang lama atau jadul yang berkembang pada beberapa dekade lalu. old media adalah pelopor yang pertama kali dapat menghubungkan manusia dan memberikan informasi.

Contoh old media :
1. Koran
2. Radio
3. Televisi
4. Dsb

Televisi yang termasuk ke dalam Old Media masih tetap mampu bersaing dengan New media seperti Internet. Adanya teknologi New Media sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai makhluk sosial untuk mendapatkan berbagai macam informasi. New Media tidak membatasi sumber daya, dan tidak membatasi adanya pengalaman yang interaktif. Beberapa kelebihan yang dapat saya angkat dari New Media diantaranya :  

1. New Media meningkatkan kecepatan berkomunikasi dengan orang lain
2. New Media membantu kita menjalankan komunikasi yang interaktif dan tidak sekedar 2 arah saja.

PEMANFAATANNYA (dalam bidang bisnis)

Trend Bisnis e-commerce
      Bisnis internet merupakan bisnis yang tidak ubahnya dengan berbisinis secara konvensional seperti yang telah kita ketahui bersama. E-commerce merupakan perdagangan elektronik (terjemahan bebas) adalah kegiatan penyebaran, penjualan, pembelian barang ataupun jasa dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik yang termasuk ke dalam e-commerce contohnya adalah internet. Dalam e-commerce terdapat proses transaksi jual beli layaknya perdagangan konvensional, namun produk yang dijual belikan pada umumnya adalah produk digital yang mana produk tersebut dapat di transfer ke pembelinya dengan menggunakan media internet. Namun saat ini produk tangible juga bisa dijual secara online, hanya proses penjualan dan pembayarannya saja yang dilakukan secara online.
      Para jurnalis dunia mengatakan bahwa e-commerce akan menjadi sektor ekonomi baru. Tidak hanya secara internasional, di Indonesiapun pasti akan ikut merasakan manisnya sektor perekonomian ini.
     e-commerce ini pada awalnya muncul pada tahun 1994. Pada awalnya kegiatan e-commerce ini muncul karena ada pemasang iklan yang memasangkan / menaruh e-banner (banner electronic), pemasang iklan yang menaruh banner pada salah satu situs portal di amerika dan banner tersebut akan mengantarkan kita ke situs pemasang iklan apabila kita meng-klik banner tersebut. Kita sebagai penelusur web akan disuguhi berbagai produk menarik dan dapat dibeli secara online. Setelah melakukan transaksi, yaitu, pemesanan dan pembayaran maka penjual akan mengirimkan produk tersebut ke alamat yang kita masukkan ke dalam database mereka.

Indonesia mulai beberapa tahun ini sudah mulai memasuki era pasar digital, dimana konsumen Indonesia sudah banyak menggunakan media elektronik untuk melakukan proses jual beli, baik yang hanya sekedar melakukan pembayaran di ATM dan barang dikirim ke lokasi sampai melakukan proses pembayaran menggunakan dompet elektronik seperti www.paypal.com (international) atau dengan www.payglobalone.com(Indonesia) dan produk dapat di download, seperti e-book dan mp3 music, dll.

Saya akan menjelaskan sedikit dari beberapa hasil dari pembuatan teknologi new media dibawah ini adalah salah satunya:

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioprasikan dan dimiliki oleh Facebook, inc. Facebook dibuat oleh Mark Zuckerberg

Dengan facebook kita dapat bekomunikasi dengan orang-orang luar, keluarga, dan teman. Pada facebook juga kita dapat membuat sebuah profil sendiri tentang diri kita, dapat mengirim pesan, berkomunikasi secara tulisan yang disebut (chat), dan mengirim sebuah pesan kepada seseorang di profil orang tersebut yang disebut (wall to wall), dapat membuat group untuk untuk tujuan tertentu, seperti group pecinta band, music, dll, dan dengan facebook kita dapat berjualan secara online hanya dengan menampilkan gambar dagangan kita dan menandai gambar tersebut ke orang lain.

Sumber : 
http://mohammad-nurdin.blogspot.com/2011/10/pengertian-mendasar-digital-culture.html
http://wayansuryaadi.blogspot.com/2011/10/hubungan-digital-culture-dengan.html
http://kiezyoktivany.blogspot.com/2011/11/sudut-pandang-digital-teori-pada.html

Komentar

Postingan Populer